Thursday, June 20, 2013

Definisi Laporan

Definisi laporan itu adalah :

1.      Suatu bentuk penyampaian berita,keterangan,pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara lisan maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan hubungan wewenang dan tanggung jawab yang ada diantara mereka.
2.      Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.

Macam-macam laporan
I.                   Laporan Perjalanan
 a. Pokok-pokok laporan perjalanan
1. Pendahuluan
2. Kunjungan ke objek wisata
3. Penutup
a. Teknik pengembangan laporan perjalanan
a. Teknik pengembangan berdasarkan urutan waktu
b. Teknik pengembangan berdasarkan urutan tempat
c. Teknik pengembangan berdasarkan urutan topik

II.                Laporan Pengamatan
Mengenali Prosedur Pengamatan
  1. Menentukan topik pengamatan
  2. Menentukan tujuan pengamatan
  3. Menentukan objek pengamatan
  4. Membuat panduan pengamatan
  5. Melaksanakan pengamatan
  6. Membuat analisis hasil pengamatan
  7. Menyusun laporan hasil pengamatan
III.              Laporan Kegiatan
Mengenali Karakteristik Laporan Kegiatan
  • Pendahuluan
  1. Latar belakang kegiatan
  2. Tujuan penyelenggaraan kegiatan
  3. Sistematika laporan
  • Isi
a.  Proses pelaksanaan kegiatan ( berisi : waktu, tempat pelaksanaan kegiatan, jenis    kegiatan, uraian kegiatan yang telah dilaksanan )
 b.  Hasil kegiatan ( kalau perlombaan, dicantumkan para pemenang lomba )
c.   Laporan keuangan





Persyaratan bagi pembuat laporan

Laporan pada dasarnya adalah alat komunikasi juga. Supaya dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif, sebuah laporan harus memenuhi syarat syarat berikut ini.
 Lengkap
Artinya data dan fakta yang ada dalam laporan harus lengkap
·         Jelas
Sebuah laporan disebut jelas bila uraian dalam laporan tidak memberi peluang ditafsirkan secara berbeda oleh pembaca yang berbeda. Ini dapat dicapai bila bahasa yang digunakan benar dan komunikatif
·         Benar / akurat
Data dan fakta yang salah dapat menuntun pembaca membuat suatu keputusan yang salah. Jadi kebenaran dan keakuratan isi laporan sangat diperlukan.
·         Sistematis
Laporan harus diorganisasikan sedemikian rupa, dengan system pengkodean yang teratur, sehingga mudah dibaca dan diikuti oleh pembaca. Laporan yang sistematis juga menunjang unsur kejelasan yang sudah diciptakan oleh unsur unsur bahasa.
·          Objektif
Penulis laporan tidak boleh memasukkan selera pribadi ke dalam laporannya. Pelapor harus bersikap netral dan memakai ukuran umum dalam minilai sesuatu.
·         Tepat waktu
Ketepatan waktu mutlak diperlukan, karena keterlambatan laporan bisa mengakibatkan keterlambatan pengambilan keputusan.

sumber : http://jilena.blogdetik.com/2009/03/10/membuat-laporan/

No comments:

Post a Comment