Pasar adalah
orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan
kemauan untuk membelanjakannya. Pasar dapat
juga di artikan suatu tempat atau interaksi antara pembeli dan penjual dari
suatu barang / jasa tertentu, sehingga akhirnya dapat menetapkan harga
keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang di perdagangkan. Aktivitas usaha
yang dilakukan di pasar pada dasarnya melibatkan dua subyek pokok, yaitu
produsen dan konsumen.
Struktur pasar adalah
penggolongan pasar berdasarkan strukturnya.
Secara sederhana
pasar dapat dikelompokkan menjadi :
1. Menurut segi fisiknya,
pasar dapat dibagi menjadi beberapa macam :
·
Pasar Tradisional
·
Pasar Raya
·
Pasar abstrak
·
Pasar konkrit
·
Toko swalayan
·
Toko serba ada (toserba)
2. Menurut segi jenis barang
yang dijual,pasar dapat dibagi menjadi beberapa macam :
·
Pasar ikan
·
Pasar buah-buahan
·
Pasar sayuran
·
Pasar barang elektronik
·
Pasar barang perhiasan
·
Pasar bahan bangunan
·
bursa efek dan saham
Struktur
Pasar Dapat dibagi menjadi :
1.
Pasar
Persaingan Sempurna (perfect competition)
Pasar persaingan
sempurna adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang
sangat banyak sekali dan produk yang dijual bersifat homogen.
Harga terbentuk
melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan
sehingga penjual dan pembeli di pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga dan
hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker).Barang dan jasa yang dijual
di pasar ini bersifat homogen,dan tidak dapat di bedakan. Semua produk terlihat
identik.
Ciri-ciri
pokok dari pasar persaingan sempurna :
1. Jumlah perusahaan dalam pasar
sangat banyak
2. Produk barang / jasa yang di
perdagangkan serba sama (homogen)
3. Konsumen memahami sepenuhnya
keadaan pasar
4. Tidak hambatan untuk keluar /
masuk bagi setiap penjual
5. Pemerintah tidak campur tangan
dalam proses pembentuka harga
6. Penjual atau produsen hanya
berperan sebagai Price taker (pengambil harga).
2. Pasar
Persaingan tidak sempurna
·
Pasar Monopoli
Pasar monopoli
adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran dimana hanya ada
satu penjual / produsen yang berhadapan dengan banyak konsumen / pembeli.
Ciri-ciri
pasar monopoli adalah :
1.
Hanya ada satu produsen yang
menguasai penawaran
2.
Tidak ada barang pengganti / substitusi
yang mirip
3.
Produsen memiliki kekuatan untuk
menentukan harga
4.
Tidak ada pengusaha lain yang bisa
memasuki pasar tersebut karena ada hambatan berupa keunggulan perusahaan.
·
Pasar Oligopoli
Pasar Oligopoli
adalah suatu bentuk interaksi permintaan dan penawaran, dimana terdapat
beberapa penjual yang menguasai seluruh permintaan pasar.
Ciri-ciri
pasar oligopoli adalah:
1.
Terdapat beberapa penjual yang
menguasai pasar
2.
Barang yang di perjual-belikan dapat
homogen dan dapat pula berbeda corak, seperti air minum aqua.
3.
Terdapat hambatan masuk yang cukup
kuat bagi perusahaan di luar pasar untuk masuk ke dalam pasar.
4.
Satu di antaranya para oligopolis
merupakan price leader yaitu penjual yang memiliki /
pangsa pasar yang terbesar. Penjual ini mempunyai kekuatan
yang besar untuk menetapkan harga dan para penjual lainnya harus mengikuti
harga tersebut. Contohnya: semen, air mineral, dll.
·
Pasar
Duopoli
Pasar Duopoli
adalah Suatu pasar dimana penawaran suatu jenis barang dikuasai oleh dua
perusahaan.
·
Pasar
Monopolistik
Pasar
Monopolistik adalah Suatu bentuk interaksi antara penawaran dan permintaan
dimana terdapat sejumlah besar penjual yang menawarkan barang yang sama. Pasar
monopolistik merupakan pasar yang memiliki sifat monopoli pada spefisikasi
barangnya. Sedangkan unsur persaingan pada banyak penjual produk yang sejenis.
Ciri-ciri
pasar monopolistik :
1.
Terdapat banyak produsen yang
berkecimpung di pasar
2.
barang yang di perjual belikan
merupakan batang yang mempunyai corak yang berbeda.
3.
Untuk memenangkan persaingan setiap
produsen aktif melakukan iklan.
4.
Keluar masuk pasar produk relatif
lebih mudah.
·
Pasar monopsoni
Pasar Monopsoni
dilihat dari segi permintaan atau pembelinya. Dalam hal ini pembeli
memiliki kekuatan dalam menentukan harga.
Dalam pengertian
ini, pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan
penawaran dimana permintaannya hanya satu perusahaan.
No comments:
Post a Comment