Thursday, November 11, 2010

TUGAS 4 ISD

We know nothing we know all think

We know nothing

We know nothing kalau diartikan dalam bahasa yang mudah di mengerti adalah kita tidak tahu apa apa , maksudnya kitak mengetahui apa apa makanya kita mencari ilmu sampai ke negeri china “menurut pribahasa” , untuk mencari sesuatu yang belum kita ketahui.

Dan dalam  pencarian kita akan semakin banyak  tahu,tentang sesuatu  namun semakin kita tidak mengetahui tentang sesuatu tersebut bila tidak dipelajari lebih dalam lagi.

Saya tidak tahu dari mana pepatah itu berasal, tapi dosen isd saya mengenalkan kepada saya tentang kata we know nothing and we know allthing  dan dia menjelaskan bahwa kalu kita tidak tahu apa apa maka kita akan terus belajar untuk mengetahui sesuatu yang ingin ketahui , beda hal nya dengan kita sudah mengetahui segalanya. Jika kita mengetahui segalanya kita akan menjadi orang yang sombong “menurut saya” dikarenakan kita sudah mengetahui apapun yang belum diketahui oleh orang lain. Dan mungkin dalam menjalani kehidupan orang yang sudah mengetahui segalanya akan malas dan tidak bersemangat dikarenakan dia sudah tahu akan apapun yang akan terjadi pada dirinya.

Maka memang seharusnya we know nothing berada didalam pemikiran kita . Jika we know nothing sudah tertanam dan kita sudah dapat memahami konsep dari we know nothing ini didalam sanubari kita maka diri kita akan merasa kosong dan kekurangan akan ilmu, karena pada dasarnya kita adalah manusia “makhluk” yang tidak tahu mengenai hal apapun yg belum terjadi , dan kita akan mengetahui hal tersebut dengan mempelajari ilmu yang selalu berhubungan. Walau pun kita bisa memprediksikan akan kejadian yang akan dating tetapi kejadian yang sesungguhnya tetap ada kepada kehendak NYA. Dan  yang jadi pertanyaan sekarang adalah berapa banyak manusia yang sombong akan sesuatu yang telah dia ketahui atau sering disebut dengan kepandaian, padahal pada dirinya masih banyak kekurangan-kekurangan yang  ia pun tidak mengetahuinya dan dalam hal ini dia bisa menjadi orang yang disebut juga we know nothing.

We know all think

Seseorang kagum dengan mikroskop karena mampu memperlihatkan sel-sel yang terkecil dalam sebuah benda tertentu. Maka, ia membelinya.
Karena iseng, ia ingin melihat nasi yang siap disantap di piringnya dengan mikroskop itu.
Apa yang terlihat olehnya? Apa yang tadinya tak dapat dilihat oleh mata telanjang, kini menjadi sangat jelas.
 
Ia melihat pemandangan yang sangat menjijikkan. Betapa tidak, makanan yang akan dinikmatinya, penuh dengan kuman.
 
Piring dan sendoknya juga begitu. Penuh kuman. Melihat semua itu, ia tidak jadi makan karena takut.
 
Bagi manusia, hidup seperti misteri yang tak ada habisnya. Kita tak tahu apa yang terjadi esok.
 
Konyolnya, manusia ingin tahu apa yang bakal terjadi sampai-sampai mereka pergi ke tukang ramal.
 
Sebenarnya, jika kita tahu semua yang akan terjadi pada kita, ketakutan justru akan datang.
 
Kita takkan dapat menikmati hidup hari ini jika tahu sebentar lagi usaha kita bangkrut, sebentar lagi kita sakit,
 
Minggu depan kita kecelakaan, dan kejadian-kejadian tak menyenangkan lainnya.
Itu sebabnya Tuhan tidak memberi tahu apa yang terjadi esok hari!
 
Bukan kebetulan jika Tuhan membuat hidup menjadi seperti misteri.
Ada banyak perkara di masa depan yang tidak diberitahukan, bukan tanpa alasan.
Tuhan ingin kita seperti jam yang berdetak untuk hari ini, tanpa perlu khawatir berapa kali kita harus berdetak esok hari
 
Hari esok punya kekhawatirannya sendiri. Percayakan hari ini pada Tuhan, dan lakukan hal yang sama esok hari.
 
Bersama Tuhan, kita bisa melewati banyak perkara tanpa dicekam ketakutan dan kekhawatiran
 
“ Jika Manusia Tahu , Apa yang terjadi di Hari Esok , Ia tidak pernah dapat menikmati hidup hari Ini
 
Maka , selagi kita masih diberi Hidup, selalu berbuatlah yang Terbaik,…berilah Kasih untuk orang lain
 
Jangan ada iri hati dan tipu muslihat dalam mulutmu, janganlah menghakimi saudaramu , buanglah dendam Dan luka hatimu.. ampunilah mereka yang melukaimu… Siapa tahu, Hari ini adalah hari ter-akhir kita - untuk berbuat kebaikan


Jadi dalam hal ini kita sebenarnya adalah manusia yang ingin menjadi orang yang tidak tahu apa – apa menjadi tahu akan segalanya namun untuk mewujudkan itu semua pasti ada bnyak hal yang menghalangi kita , contoh sederhana yang paling sering terjadi adalah dikalangan mahasiswa “mungkin saya termasuk salah satuya” yaitu kadang apabila dosennya tidak kita sukai kita pun malas untuk dating padahal sebenarnya seorang dosen itu akan memberikan pengetahuan kepada kita minimal pengetahuan tersebut adalah pengetahuan yang kitapun sebagai mahasiswa belum mengetahuinya dan mungkin akan berguna pada suatu saat nanti apabila kita sudah melewati tahapan sebagai mahasiswa yaitu manusia bebas dalam arti manusia yang telah lulus kuliah namun belum mempunyai pekerjaan apapun dan biasanya dalam masyarakat disebut “pengangguran”.

Jadi pertanyaan saya adalah apakah anda ignin menjadi orang yang selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan atau anda ingin menjadi orang yang flat(datar) dalam menghadapi kehidupan ini??

Bila anda ingin bersemangat dalam kehidupan coblah menjadi orang yang tidak tahu apapa untuk menjdi seseorang yang hampir mengetahui segalanya (we know nothing we know all thing)kenapa saya tulis disini “hampir” karna yang maha mengetahui segalanya hanyalah ALLAH S.W.T .dengan menjalani hidup dengan menerapkan prinsip tersebut anda akan mencoba mencari sesuatu yang baru dan dapat mengetahui sesuatu yang belum anda ketahui .

Sekarang semua terserah kepada anda apakah yang anda inginkan menjadi orang yang slalu brsemangat kah ? atau menjadi orang yang papa sudah tau ?

No comments:

Post a Comment